forex trading logo

Home Asrama Profil Asrama
PDF Print E-mail
Wednesday, 06 October 2021 02:07

 

Profil Asrama

Institut Pertanian Bogor dikenal sebagai salah satu kampus Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki mahasiswa dari seluruh penjuru wilayah Indonesia. Hal ini dilandaskan pada sejarah panjang sistem penerimaan mahasiswa IPB yang menjaring siswa SMA dari seluruh Indonesia. IPB memiliki prinsip dalam akses pendidikan yang luas bagi siswa SMA dari seluruh pelosok nusantara untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu tinggi. Sejak era tahun 70-an, IPB mulai berinovasi pada sistem penerimaan mahasiswa baru melalui sistem undangan bagi siswa SMA yang berprestasi. Pihak sekolah mengusulkan siswa terbaiknya untuk menjadi mahasiswa IPB dan diseleksi berdasarkan pada nilai rapor siswa dari kelas 10 hingga 12. Pada tahun 2011, sistem ini diakui keberhasilannya dalam sistem seleksi mahasiswa baru sehingga diadopsi menjadi sistem nasional dalam penerimaan mahasiswa baru bagi Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia.

Pada awal tahun 2000 IPB membuat lompatan kedua dalam bidang pembinaan mahasiswa yaitu pembangunan asrama yang dikhususkan bagi mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama (TPB) sebagai miniatur Indonesia. Pembangunan asrama tersebut merupakan salah satu komitmen IPB sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab sebagai kampus pemersatu bangsa melalui pembinaan karakter bagi generasi muda Indonesia. Hal ini didasarkan pada tingkat keragaman yang tinggi baik dari segi tingkat pendidikan, ekonomi, bahasa, budaya dan karakter di kalangan mahasiswa yang berasal dari seluruh pelosok Indonesia. Tingkat keragaman yang tinggi di kalangan mahasiswa merupakan suatu berkah yang perlu dijaga dan dirawat dengan baik agar menjadi potensi yang besar bagi persatuan dan masa depan bangsa Indonesia. Namun keragaman tersebut dapat menjadi potensi perpecahan bangsa jika tidak dapat dijaga dan dirawat dengan baik.

Pada awalnya kegiatan pendidikan pada tingkat persiapan bagi mahasiswa tahun pertama IPB memiliki tujuan sebagai matrikulasi dan pemerataan tingkat pemahaman serta kemampuan pada materi perkuliahan di tataran pendidikan formal. Pada lompatan kedua, IPB mencoba menyelaraskannya dengan pembinaan karakter yang beragam melalui kehidupan asrama. Hal ini sangat diperlukan karena beragamnya karakter emosional dan kultur yang berbeda-beda pada mahasiswa IPB. Dengan adanya pembinaan yang terstruktur dan terarah diharapkan mahasiswa tingkat persiapan selain mendapatkan materi perkuliahan kompetensi dasar sekaligus dapat memiliki kemampuan lebih yaitu memiliki kepekaan sosial sekaligus kekayaan sudut pandang pada kehidupan yang beragam sehingga akan menumbuhkembangkan berpikir kritis yang akan menjadi modal berharga di masa depan mahasiswa.

Sejak tahun 2015, IPB mengganti nama Tingkat Persiapan Bersama (TPB) menjadi Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) sehingga sekarang bernama Asrama Mahasiswa PPKU. Hingga tahun 2018, asrama memiliki kegiatan utama yang disebut Program Pembinaan Akademik dan Multibudaya (PPAMB) yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa PPKU IPB. Program ini bertujuan menciptakan atmosfer yang kondusif bagi pengembangan intelektual, kepribadian, dan solidaritas mahasiswa sebagai generasi penerus yang memegang kebenaran dan memahami kemajemukan


 

 

 

 

 

 

 

 

Video

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini3190
mod_vvisit_counterKemarin3376
mod_vvisit_counterMinggu ini24081
mod_vvisit_counterLast week26143
mod_vvisit_counterBulan ini16061
mod_vvisit_counterBulan lalu87295
mod_vvisit_counterTotal kunjungan8593810




Copyright © 2011 TPB IPB. All Rights Reserved.

Website Security Test